Sabtu, 07 November 2015

TUGAS SOFTSKILL ETIKA BISNIS KE 2 FEBRINA R. 12212867 4EA11



TUGAS SOFTSKILL
TENTANG
“ TEORI UTILITARIANISME ”





NAMA                  : FEBRINA  RAMADHANI
KELAS                 : 4EA11
NPM                     : 12212867
MATA KULIAH  : ETIKA BISNIS



A.   Pendahuluan :
Etika Bisnis ini menceritakan tentang bermacam-macam Minimarket yang ada di lingkungan sekitar. Saya tinggal di sebuah Perumahan dan di sekitar Perumahan ada minimarket seperti Indomaret, AlfaMart, dan AlfaMidi. Ketiga minimarket tersebut bersaing untuk mendapatkan pelanggan yang mau berbelanja disana.
Awalnya yang berdiri duluan minimarket Indomaret yang pertama, yang kedua AlfaMart, dan terakhir AlfaMidi. Mereka bersaing secara fair untuk menarik pelanggan datang kesana. Dan mereka bersaing secara produk, harga, tempat, dan promosi yang dibagikan melalui brosur-brosur di sekitar Perumahan. Supaya pelanggan tertarik terhadap barang-barang yang sedang discount sehingga menyerbu minimarket tersebut.
Setelah beberapa tahun berdiri hingga tahun 2015 yang mengalami penutupan minimarket yaitu Indomaret dikarenakan tempat sewanya sudah habis masa waktunya. Sehingga yang sekarang banyak dikunjungi pelanggan adalah AlfaMart dan AlfaMidi walaupun harga mereka lebih mahal dari Indomaret. Sedangkan Indomaret masih termurah dari kedua minimarket tersebut.
B.   Teori Utilitarianisme :

Utilitarianisme berasal dari bahasa latin utilis yang berarti “bermanfaat”. Menurut teori ini suatu perbuatan adalah baik jika membawa manfaat, tapi manfaat itu harus menyangkut bukan saja  satu dua orang melainkan masyarakat sebagai keseluruhan.
Dalam rangka pemikiran utilitarianisme, kriteria untuk menentukan baik buruknya suatu perbuatan adalah the greatest happiness of the greatest number , kebahagiaan terbesar dari jumlah orang yang terbesar.
Utilitarianisme , teori ini cocok sekali dengan pemikiran ekonomis, karena cukup dekat dengan Cost-Benefit Analysis. Manfaat yang dimaksudkan utilitarianisme bisa dihitung sama seperti kita menghitung untung dan rugi atau kredit dan debet dalam konteks bisnis.
Utilitarianisme, dibedakan menjadi dua macam :
a.     Utilitarianisme Perbuatan (Act Utilitarianism).
b.     Utilitarianisme Aturan (Rule Utilitarianism).
Prinsip dasar utilitarianisme (manfaat terbesar  bagi jumlah orang terbesar) diterpakan pada perbuatan. Utilitarianisme aturan membatasi diri pada justifikasi aturan-aturan moral.
C.   Analisis :
Menurut saya dari ketiga minimarket yang ada di sekitar Perumahan yaitu Indomaret, AlfaMart, dan AlfaMidi. Mereka bersaing secara sehat atau fair melalui 4P di dalam sebuah Manajemen Pemasaran yang berupa produk yang dijualkan, harga yang bersaing diantara mereka, tempat yang strategis menuju berbelanja ke minimarket, dan promosi yang disebarkan melalui brosur-brosur di sekitar Perumahan.
Setelah beberapa tahun berdiri ketiga minimarket tersebut bisa bertahan sampai tahun 2015 ini tetapi salah satu dari minimarket, yaitu Indomaret menutup tempatnya karena habis masa sewanya, menurut saya ini sangat disayangkan karena Indomaret masih terbilang murah dari harganya dibandingkan minimarket AlfaMart dan AlfaMidi. Sedangkan AlfaMart dan AlfaMidi masih mahal dari harganya. Perbedaan AlfaMart dan AlfaMidi lebih lengkap AlfaMidi dalam menjual produknya ke konsumen dan pelanggannya.
Menurut saya dari ketiga minimarket tersebut sangat bermanfaat kehadirannya di sekitar Perumahan karena bisa membantu warga atau masyarakat lebih mudah dalam hal berbelanja kebutuhan sehari-hari. Dari segi positifnya sangat menguntungkan warga atau masyarakat di sekitarnya untuk berbelanja disana. Dan dari segi negatif pedagang-pedagang kecil yang di sekitar Perumahan kurang bersaing dengan minimarket tersebut. Sehingga lebih laku minimarket dibandingkan pedagang kecil karena produk yang mereka jual lebih lengkap.
D.   Referensi :

-         www.ashur.staff.gunadarma.ac.id.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar