Jumat, 02 November 2012

Memiliki Keindahan dalam Menjalani Kehidupan


Sulit bagi kita mendefinisikan apa itu yang dimaksud KEINDAHAN. Karena kita tidak pernah tahu seperti apa wujud dari keindahan itu. Keindahan adalah sesuatu yang abstrak. Ia akan ada jika merujuk pada sebuah objek. Biasanya keindahan itu terdapat pada sebuah bentuk karya. Entah itu karya Allah ( panorama alam yang indah ) atau karya manusia ( seperti lukisan, patung dan sebagainya).

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang “KEINDAHAN KARYA DARI SANG PENCIPTA”.
Semua yang ada di jagat ini ialah hasil dari bentuk kekuasaan Allah. Dialah yang menjadikan semua ini dengan sangat terhitung. Dunia ini tidak diciptakan begitu saja, semuanya ada perhitungannya. Alam yang indah yang selalu bisa kita lihat adalah salah satu dari bentuk kekuasaan-Nya.

Bahkan lukisan yang indah atau apa saja yang diciptakan manusia yang menjadi sebuah karya seni yang hebat, tidak lepas dari kekuasaan Allah. Dialah yang menciptakan manusia dengan akal dan pikiran yang dimiliki manusia. Dia yang menciptakan sebuah imajinasi yang ada pada manusia. Sehingga manusia dapat menciptakan sesuatu yang dapat bermanfaat bagi sesamanya.

Seperti pada firman-Nya :

“Mereka menjawab, ‘Mahasuci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana.’” (al-Baqarah [2]: 32)

Allah lah yang memberikan pengetahuan kepada manusia. Tanpa izin-Nya, manusia tidak akan mengetahui apa-apa yang ada di depannya.

Maka hendaknya kita sebagai manusia, yang sangat kecil di hadapan-Nya ini, selalu bersyukur kepada Allah yang dengan kemurahan-Nya menjadikan kita sebagai hambaNya.

Merujuk pada keindahan itu sendiri, dapat kita telaah dan kita kaji dari kitab suci Al Qur’an. Al Qur’an ialah kitab yang diturunkan kepada hamba-Nya yang terpilih. Al Qur’an itu sendiri menyimpan keindahan-keindahan pada setiap bacaannya. Al Qur’an ialah kitab yang mencakupi segala urusan manusia, baik itu laki-laki maupun perempuan, baik dewasa ataupun muda. Al Qur’an adalah kitab yang mencakupi semua urusan. Apa-apa yang ada di dunia ini tercantum dalam Al Qur’an ini. Termasuk tentang keindahan. Al Qur’an merupakan sumber ilmu. Semua ilmu dunia ataupun akhirat ada pada Al Qur’an ini. Termasuk kisah-kisah para Nabi.

Seperti pada firman-Nya :

“Sesungguhnya, pada kisah-kisah mereka itu terdapat pe¬l¬ajaran bagi orang-orang berakal. Al-Qur`an itu bukan¬lah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenar¬kan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan se¬ga¬¬la sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi ka¬um yang beriman.” (Yusuf [12]: 111)

Untuk menjalani kehidupan ini, hendaknya kita selalu merujuk pada apa yang terkandung dalam Al Qur’an. Jika kita telah melaksanakan apa-apa yang diperintahkan di dalam Al Qur’an, niscaya kita akan memiliki kehidupan yang indah. Allah akan memberkahi kita duni dan akhirat. Seperti pada firman-Nya :

“Kitab (Al-Qur`an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa.” (al-Baqarah [2]: 2)



Kehidupan ini akan menjadi indah apabila kita melakukan dengan yang sebagaimana mestinya. Kita adalah makhluk ciptaan Tuhan, yang hendaknya juga kita menjalani apa yang diperintahkan-Nya, dan juga menjauhi segala apa yang dilarang-Nya.

Keindahan yang didapat akan jauh lebih indah dari yang terbayangkan. Keindahan ini akan menjadikan kita manusia yang beruntung, bahkan sangat-sangat beruntung.

Jadilah manusia yang beruntung itu. Dan berusaha lah untuk itu.

Sumber:
http://shidek.wordpress.com/2010/04/28/memiliki-keindahan-dalam-menjalani-kehidupan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar