TUGAS SOFTSKILL
TENTANG
“ TEORI UTILITARIANISME ”
NAMA : FEBRINA
RAMADHANI
KELAS : 4EA11
NPM : 12212867
MATA KULIAH
: ETIKA BISNIS
A. Pendahuluan
:
Etika Bisnis ini
menceritakan tentang bermacam-macam Minimarket yang ada di lingkungan sekitar. Saya
tinggal di sebuah Perumahan dan di sekitar Perumahan ada minimarket seperti
Indomaret, AlfaMart, dan AlfaMidi. Ketiga minimarket tersebut bersaing untuk mendapatkan
pelanggan yang mau berbelanja disana.
Awalnya yang
berdiri duluan minimarket Indomaret yang pertama, yang kedua AlfaMart, dan
terakhir AlfaMidi. Mereka bersaing secara fair untuk menarik pelanggan datang
kesana. Dan mereka bersaing secara produk, harga, tempat, dan promosi yang
dibagikan melalui brosur-brosur di sekitar Perumahan. Supaya pelanggan tertarik
terhadap barang-barang yang sedang discount sehingga menyerbu minimarket
tersebut.
Setelah beberapa
tahun berdiri hingga tahun 2015 yang mengalami penutupan minimarket yaitu
Indomaret dikarenakan tempat sewanya sudah habis masa waktunya. Sehingga yang
sekarang banyak dikunjungi pelanggan adalah AlfaMart dan AlfaMidi walaupun
harga mereka lebih mahal dari Indomaret. Sedangkan Indomaret masih termurah
dari kedua minimarket tersebut.
B. Teori Utilitarianisme :
Utilitarianisme berasal
dari bahasa latin
utilis
yang
berarti “bermanfaat”. Menurut
teori ini suatu perbuatan adalah baik jika membawa manfaat, tapi manfaat itu
harus menyangkut bukan saja satu dua
orang melainkan masyarakat sebagai keseluruhan.
Dalam rangka pemikiran utilitarianisme, kriteria untuk menentukan baik
buruknya suatu perbuatan adalah “
the
greatest
happiness of the greatest number ”,
kebahagiaan terbesar dari jumlah orang yang terbesar.
Utilitarianisme , teori ini cocok sekali dengan pemikiran
ekonomis, karena cukup dekat dengan Cost-Benefit Analysis. Manfaat yang
dimaksudkan utilitarianisme
bisa dihitung sama seperti kita menghitung untung dan rugi atau kredit dan
debet dalam konteks bisnis.
Utilitarianisme, dibedakan menjadi dua macam :
a. Utilitarianisme Perbuatan (Act Utilitarianism).
b. Utilitarianisme Aturan (Rule Utilitarianism).
Prinsip dasar utilitarianisme (manfaat terbesar bagi jumlah orang terbesar) diterpakan pada perbuatan. Utilitarianisme aturan membatasi diri pada
justifikasi aturan-aturan moral.
C.
Analisis
:
Menurut saya dari ketiga minimarket yang
ada di sekitar Perumahan yaitu Indomaret, AlfaMart, dan AlfaMidi. Mereka
bersaing secara sehat atau fair melalui 4P di dalam sebuah Manajemen Pemasaran
yang berupa produk yang dijualkan, harga yang bersaing diantara mereka, tempat
yang strategis menuju berbelanja ke minimarket, dan promosi yang disebarkan
melalui brosur-brosur di sekitar Perumahan.
Setelah beberapa tahun berdiri ketiga
minimarket tersebut bisa bertahan sampai tahun 2015 ini tetapi salah satu dari
minimarket, yaitu Indomaret menutup tempatnya karena habis masa sewanya,
menurut saya ini sangat disayangkan karena Indomaret masih terbilang murah dari
harganya dibandingkan minimarket AlfaMart dan AlfaMidi. Sedangkan AlfaMart dan
AlfaMidi masih mahal dari harganya. Perbedaan AlfaMart dan AlfaMidi lebih
lengkap AlfaMidi dalam menjual produknya ke konsumen dan pelanggannya.
Menurut saya dari ketiga minimarket tersebut
sangat bermanfaat kehadirannya di sekitar Perumahan karena bisa membantu warga
atau masyarakat lebih mudah dalam hal berbelanja kebutuhan sehari-hari. Dari
segi positifnya sangat menguntungkan warga atau masyarakat di sekitarnya untuk
berbelanja disana. Dan dari segi negatif pedagang-pedagang kecil yang di
sekitar Perumahan kurang bersaing dengan minimarket tersebut. Sehingga lebih
laku minimarket dibandingkan pedagang kecil karena produk yang mereka jual
lebih lengkap.
D.
Referensi
:
-
www.ashur.staff.gunadarma.ac.id.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar